×

Healthy

Saat Luka dan Memar Harus Tau Mengobatinya

Liani • 4 hari yang lalu

Saat Luka dan Memar Harus Tau Mengobatinya

Memar biasa disebabkan karena kecelakaan, benturan, atau hantaman yang terjadi pada bagian tubuh tertentu. Benturan tersebut mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Darah kemudian akan keluar dari pembuluh darah dan menyebabkan perubahan warna, pembengkakan, dan nyeri. Secara kasat mata Anda akan melihat warna kehitaman dan kebiruan pada kulit Anda. Kemudian memar akan berubah warna menjadi keunguan sampai hijau dan kuning sehingga menganggu penampilan Anda.

Entah jatuh atau terkena musibah kecelakaan, luka memar tentu akan mengganggu. Rasa nyeri dan juga lebam-lebam yang disebabkan kadang bisa membuat tubuh terasa tak nyaman. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meredakan dan menghilangkan luka memar dengan lebih cepat.

Cara cepat mengobati memar

Normalnya, memar akan hilang dalam waktu 10-14 hari tanpa pengobatan. Meskipun memar dapat hilang dengan sendirinya, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mempercepat penyembuhan memar tersebut. Simak berbagai tips mengobati memar dan mengurangi nyeri :

Selain mengobati dari luar ternyata kamu juga bisa mengobati luka memar dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi pepaya atau nanas. Dilansir oleh wikihow.com, kedua buah ini mengandung bromelain yang bisa membantu menghancurkan protein penyebab darah dan cairan yang terperangkap dalam jaringan tubuhmu.

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan Vitamin C. Selain mengonsumsinya untuk mempercepat penyembuhan, kamu juga bisa mengoleskan vitamin C ini pada kulit yang luka. Hancurkan tablet vitamin C dan campurkan dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pada bagian yang memar dan biarkan kering sebentar. Setelah itu bilas dengan air.

Selain itu kamu disarankan untuk memijat lembut bagian luar luka memar. Jangan memijat terlalu kuat atau menekan bagian tengah luka, karena akan menyebabkan rasa sakit. Pijat dengan gerakan memutar untuk melancarkan darah. Ini akan membantu menghilangkan memar dengan sendirinya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :