×

Tutorial & Life Style

Sabun Mandi Yang Cocok Sesuai Jenis Kulit

Liani • 12 hari yang lalu

Sabun Mandi Yang Cocok Sesuai Jenis Kulit

Mandi tak hanya untuk membersihkan badan saja. Mandi juga jadi ritual yang sangat penting agar tubuh lebih sehat. Nah, mandi pula tak sebatas membersihkan tubuh dengan air dan sabun. Ada baiknya kamu bisa mengetahui kebutuhan dan memilih sabun yang paling pas untukmu. 

Perhatikan pH!

pH atau potential hydrogen adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui kadar keasaman. Jika kita memerhatikan dengan baik sabun mandi yang kita gunakan, di dalam kemasan akan menjelaskan berapa tingkat pH yang dimiliki oleh sabun mandi itu.

Tingkat keasaman pH dihitung dari 1 sampai 14. Kategori pH asam ada di angka 1 6. Sedangkan pH yang tergolong netral adalah 7. Tingkat pH dari 8 14 termasuk dalam kategori basa. Tingkat keasaman (pH) yang aman untuk sabun mandi harian yang kita gunakan ada di angka 4.5 sampai dengan 5.5.

Via Alodokter

Apa manfaat pH di dalam sabun mandi?

pH bermanfaat sebagai pelindung dari bakteri, polusi, dan racun.Apa yang terjadi jika kita menggunakan sabun mandi dengan pH berlebih?Biasanya, iritasi akan mudah terjadi pada kulit, seperti kemerahan, gatal, kulit menjadi kering, alias kelembapan kulit menurun.Bagi kamu yang sangat aktif dan suka berolahraga, keringat tentu jadi musuh terbesar dan wajib dibersihkan dengan maksimal. Nah, sebaiknya kamu memilih sabun mandi yang mengandung antibakteri. Sabun mandi dengan antibakteri dapat membantu membersihkan bakteri yang melekat bersama keringat yang kamu produksi.

Untukmu yang puya kulit sensitif dan tak mau berbagi sabun dengan siapapun, sebaiknya pilih sabun cair saja. Hindari memilih sabun batangan untuk mandi. Gunakan untuk diri sendiri saja.

Jika kamu suka sensari menggosok tubuh dengan sabun, sabun batangan bisa jadi pilihan terbaik, tapi ada satu hal yang perlu diingat. Simpan sabunmu dengan hati-hati agar tidak mudah jatuh ke lantai ketika digunakan.

Untuk kamu yang hobi traveling, pilih sabun dengan ukurang yang kecil dan bentuknya praktis serta tidak mudah mengotori barang lain di dalam tas.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :