×

Food

Sajian Kolang-kaling Dalam tajil Memiliki Manfaat Kesehatan

Liani • 16 hari yang lalu

Sajian Kolang-kaling Dalam tajil Memiliki Manfaat Kesehatan


Saat berpuasa, kolak dan es campur merupakan salah satu jenis takjil yang paling banyak digemari. Rasanya yang manis dan lezat sangat cocok untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Di dalam kolak dan es campur tersebut, ada salah satu bahan yang menjadi pelengkap, yakni kolang kaling. Mungkin sebagian besar orang belum tahu apa itu kolang kaling.


Hal ini merupakan tantangan tersendiri dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan tetap mempertahankan gaya hidup yang aktif dan seimbang. Sebuah studi menemukan bahwa puasa bisa menyebabkan sakit kepala, dehidrasi, kadar gula darah rendah, hingga kelelahan. Karena itulah, agar badan tetap sehat selama Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak asupan gizi makanan saat sahur (subuh) dan berbuka (setelah matahari terbenam).


Kolang kaling merupakan jenis buah yang berwarna putih dan memiliki tekstur kenyal ketika dimakan. Kolang kaling sering dianggap sebagai makanan ringan yang memiliki rasa lezat ketika diolah menjadi kolak atau olahan manis lainnya. Meski hanya dianggap sebagai makanan ringan, kolang kaling memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mustika Ratu, sebuah brand kesehatan dan kecantikan Indonesia, mengakui bahwa kolang-kaling, yang berasal dari pohon aren (Arenga Pinnata) memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh kita. Nutrisi yang terdapat didalamnya membantu tubuh untuk tetap fit dan sehat, walaupun pola makan mengalami perubahan di bulan puasa, diantaranya:



Via Indonesiacostumer.com


1. Baik untuk Pencernaan
Ketika berpuasa, seringkali pencernaan tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan masalah pada pencernaan. Kondisi tersebut membuat tubuh terasa tidak nyaman selama berpuasa. Ternyata, untuk mengatasi masalah tersebut, kolang kaling menjadi solusinya. Sebab, kolang kaling dipercaya mampu untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kolang kaling mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sulitnya buang air besar.


2. Memperkuat Tulang
Selama ini Anda mungkin hanya tahu bahwa untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang hanya perlu minum susu setiap hari. Namun, tidak hanya susu saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Kolang kaling ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kolang kaling yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.


3. Menurunkan Berat Badan
Kolang kaling juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, selain mengandung karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh, kolang kaling juga ternyata mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga, bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat pada saat program diet Anda berlangsung.


4. Kaya Vitamin dan Kandungan Gizi Lainnya
Tubuh membutuhkan vitamin dan gizi yang cukup agar tetap selalu sehat. vitamin dan gizi tersebut bisa Anda dapatkan pada kolang kaling. Sebab, kolang kaling merupakan paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin. Selain itu, kolang kaling juga mengandung mineral, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi, yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terakhir, kolang kaling mengandung kolagen yang cukup tinggi sehingga bermanfaat dalam peremajaan kulit.

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :