×

Healthy

Susu Kedelai Mampu Menekan Lemak Di Tubuh

Liani • 2 bulan yang lalu

Susu Kedelai Mampu Menekan Lemak Di Tubuh

Selain enak, makanan super ini mudah ditemukan karena sering dijadikan bahan dasar untuk makanan lain, seperti tempe dan tahu, susu kacang kedelai, bahkan snack dari kedelai.Susu kedelai bisa jadi alternatif pengganti susu sapi. Dalam hal nutrisi, tidak perlu diragukan lagi. Bahkan susu kedelai merupakan susu yang dapat melunturkan lemak jahat.

Sebagian orang yang alergi terhadap susu sapi, umumnya mengonsumsi susu kedelai sebagai penggantinya. Susu yang terbuat dari sari kedelai ini punya rasa dan tekstur yang khas. Bisa dikonsumsi panas atau dingin, bahkan susu berprotein nabati ini banyak dijual di pasaran.

Tak hanya orang dewasa, susu kedelai juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Biasanya susu kedelai dianjurkan untuk dikonsumsi anak yang intolerance terhadap laktosa atau kasein. Guna memenuhi asupan nutrisi harian yang menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Sayangnya susu kedelai tidak mengandung banyak kalsium seperti yang ada di dalam susu sapi. Apalagi susu sapi mengandung laktosa yang dapat membantu penyerapan kalsium di susu, sehingga lebih banyak kalsium yang dapat diserap.

Seperti dilansir www.fitday.com, protein pada susu kedelai juga bisa menimbulkan reaksi alergi. Gejala alerginya seperti gatal-gatal, bengkak dan diare. Bahkan bisa juga mengalami gejala yang serius seperti kesulitan bernapas yang bisa mengancam jiwa.

Meski begitu, susu kedelai berbeda dengan susu sapi yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang bisa meningkatkan risiko pembentukan plak dan penyakit jantung. Susu kedelai justru mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang efektif mengurangi kadar kolesterol darah.

Susu kedelai juga mengandung phytosterols yang merupakan suplemen alami untuk menurunkan kolesterol jahat dan juga meningkatkan fungsi jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan, rutin minum susu kedelai dapat menurunkan risiko stroke dan aterosklerosis.

Untuk yang ingin menurunkan berat badan, susu kedelai bisa jadi pilihan. Pasalnya secangkir susu kedelai hanya mengandung sekitar 80 kalori. Juga mengandung serat yang tidak ditemukan dalam susu lainnya. Kandungan seratnya membuat susu kedelai terasa lebih mengenyangkan dan ampuh menekan nafsu makan.

Berat badan yang ideal menandakan bahwa asupan kalori sudah terkendali. Namun, kondisi berat badan berlebih, mengharuskan kita membatasi atau mengurangi asupan kalori. Itulah sebabnya kedelai sangat bermanfaat dalam mengendalikan berat badan.

Sebagai alternatif pilihan yang lebih sehat, kita bisa memilih kedelai dan diolah dengan cara yang lebih baik namun tetap enak, misalnya dengan ditumis, dipanggang, atau direbus. Jangan lupa juga berolahraga, tidur yang cukup, dan menghindari stres untuk kendalikan berat badan.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :