×

Healthy

Tak Disarankan Mencuci Telur Sebelum Dimasak

Liani • 4 bulan yang lalu

Tak Disarankan Mencuci Telur Sebelum Dimasak 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kita perlu mencuci bahan makanan sebelum dimasak.  Untuk memastikan semua yang dimakan bersih, terhindar dari kontaminasi bakteri. Namun, dalam kasus beberapa makanan, mencucinya justru tidak menghasilkan apa-apa. Bahkan, bagi sebagian makanan lain, justru bisa lebih berbahaya. Nah, kedua hal tersebut dapat terjadi pada telur.  Di Amerika Serikat, misalnya, ada aturan di mana perusahaan harus mencuci semua telur sebelum dipasarkan ke publik. Proses pembersihan tersebut untuk menghilangkan lapisan pelindung alami yang disebut "bloom" atau "cuticle" dari permukaan telur.  Setelah telur dicuci, minyak mineral yang dapat dimakan dioleskan ke permukaan telur. Pengolesan tersebut berfungsi mencegah bakteri tembus dan berpotensi mencemari telur.

Walau begitu, kebanyakan orang masih merasa perlu untuk mencucinya di rumah. Padahal, menurut USDA (Departemen Pertanian AS) dan ahli gizi, kita tak perlu mencuci telur lagi, karena justru berisiko terpapar bakteri. "Jika kamu mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya keropos, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur," kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan dan penulis sepuluh buku, termasuk The Mood Book.  Risiko itu tetap ada jika kita menggunakan air dingin atau air mengalir. Mercree menyebut ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur. Mencucinya justru memperparah kondisinya dan mencemari bagian dalam. "Karena cangkangnya sangat keropos, kamu mendorongnya (bakteri) kembali ke permukaan telur," katanya. Mercree mengakui, telur yang langsung dari peternak biasanya tidak melalui proses pencucian ketat, sehingga memiliki potensi lebih besar untuk bersentuhan dengan kotoran.  Namun, jika konsumen ingin mencuci lebih dulu gunakan air hangat, gosok perlahan-lahan, dan hindari pemakaian sabun.

Menggunakan air hangat

Mercree mengatakan, secara alami memang ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur. Namun, mencucinya hanya membuatnya lebih buruk. "Karena cangkangnya yang keropos, Anda hanya mengembalikannya dari permukaan telur," tambahnya. Ini jelas menimbulkan risiko pencemaran yang lebih besar dari telur yang akan dikonsumsi.

Dia menambahkan, ada beberapa telur segar yang diambil langsung dari peternak dan belum mengalami proses pencucian ketat. Diakuinya bahwa hal tersebut berpotensi mengandung kotoran. Tetap saja, Mercree tidak menyarankan Anda untuk mencucinya.

Walaupun begitu, jika Anda memang benar-benar ingin mencuci telur-telur segar semacam ini, pastikan untuk menggunakan air hangat dan menghindari sabun. Sementara, jika Anda baru saja membeli telur yang dijual di supermarket atau dalam kemasan, disarankan agar tidak mencucinya.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :