×

Fashion

Tetap Nyaman Berhijab meski Cuaca sedang Panas

ssyyuli1 • 13 hari yang lalu

Tetap Nyaman Berhijab meski Cuaca sedang Panas

Sebagai salah satu negara tropis, sudah tidak diragukan lagi bila cuaca di Indonesia cenderung panas. Saat cuaca sedang panas, pastikan kamu tidak absen untuk menyegarkan tubuh. Minumlah cukup air putih agar suhu tubuh tetap stabil dan kamu tidak cepat gerah. Bila tubuh cukup terhidrasi, kamu tidak akan cepat merasa gerah. Selain itu, kamu juga bisa menyiasati rasa gerah dengan berwudhu atau mencuci muka.

Cuaca panas tidak menjadi halangan untuk tetap berhijab. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tubuh tidak cepat gerah dan tetap nyaman beraktivitas seharian. Pemilihan model pakaian dan hijab serta bahan pembuatnya menjadi kunci penting kenyamanan disaat cuaca sedang panas.

Meskipun hujan deras melanda, biasanya suhu udara masih tergolong panas, gerah, dan lembab. Kondisi cuaca yang seperti ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang berhijab. Kewajiban untuk senantiasa mengenakan pakaian tertutup memang sangat kontras dengan suhu udara yang memanas. Bagaimanapun juga, kewajiban berhijab harus ditaati oleh wanita muslim bagaimanpun keadaannya. Bagi kamu yang berhijab, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk menyiasati suhu udara yang panas dan membuatmu nyaman berhijab.

Pilihan bahan yang menyerap keringat

n

Via Dreamers.cid

Saat udara panas pemilihan hijab dan baju harus benar-benar diperhatikan. Secara umum baju dan hijab memang tidak boleh terbuat dari bahan yang tipis, ketat, dan transparan. Tapi kamu bisa memilih baju dengan bahan yang adem dan menyerap keringat seperti katun, rayon, dan linen. Sebisa mungkin hindari bahan yang memantulkan panas dan tidak menyerap keringat seperti bahan serat sintetis karena akan membuat kamu semakin gerah. Untuk hijab sebaiknya juga pilih bahan yang menyerap keringat juga.

Pilih celana atau rok yang longgar

f

Via Woordpress.com

Celana dengan model fit memang terlihat trendy, tapi saat cuaca panas, celana model ini tidak mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Sehingga kamu akan semakin gerah saat udara menjadi panas. Kamu bisa memilih celana atau rok dengan model yang longgar seperti kulot atau celana kargo.

Terusan maksi

h

Via Hijabina.com

Terusan maksi bisa menjadi pilihan busana saat udara panas. Baju model ini sangat simpel dan tidak merepotkan kamu. Ada banyak pilihan model terusan maksi yang bisa kamu pilih seperti maksi dengan lengan panjang atau bahkan tanpa lengan. Kalau memilih model yang tanpa lengan kamu bisa memadukannya dengan oversized cardigan atau dengan jaket. Selain pilihan model, pilih juga maksi dengan bahan yang ringan, dingin, dan menyerap keringat.

Hindari bahan satin

f

Via Modelbajugamismodern.com

Baju atau hijab dari bahan satin memang memberi kesan glamor dan mewah. Tapi ternyata baju berbahan kain satin tidak disarankan saat cuaca panas karena bahannya tebal dan cenderung tidak menyerap keringat. Kamu bisa memilih bahan lainnya yang lebih ringan dan menyerap keringat. Selain itu juga pakai gaya jilbab yang cenderung sederhana agar tidak ribet dan membuatmu nyaman beraktifitas.

Pilih ciput yang pas

j

Via Dwipuspita.com

Ada beberapa orang yang memilih tidak memakai ciput saat cuaca sedang panas. Kalau kamu tidak bisa lepas dari ciput, kamu bisa memilih ciput dengan model bandana atau yang hanya menutup bagian kepala saja. Hindari menggunakan ciput yang menutup hingga seluruh leher atau model ‘ninja’ karena akan membuat kamu semakin gerah. Kalau kamu nyaman berhijab tanpa menggunakan ciput, kamu bisa menggunakan model hijab yang simpel tanpa ciput.

 

 

Tulis Komentar
Logo-DH

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :