×

Healthy

Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Beberapa Tips Ini

Liani • 3 bulan yang lalu

Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Beberapa Tips Ini

Meskipun tidur di bulan puasa dianggap berpahala, namun lebih baik lagi bila kita tetap beraktivitas seperti biasanya. Puasa seharusnya tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan seharian ya, ladies. Sebaliknya, saat berpuasa kita dianjurkan untuk menambah kebaikan dan memperbanyak pahala.

Pada bulan puasa, metabolisme tubuh secara umum berubah, lalu bagaiman acaranya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama berpuasa? Nah, berikut ini beberapa tips untuk agar tubuh tidak lemas dan tetap bugar dari sahur hingga berbuka.

W

Via Waspadaonline.com

Jangan lupakan sahur

Sahur itu penting, oleh karenanya sebaiknya anda jangan sampai melupakannya. Seperti halnya sarapan pagi, sahur akan membuat tubuh anda menjadi lebih berenergi ketika beraktifitas di siang hari. Berbeda bila anda tidak sahur, maka waktu anda untuk berpuasa otomatis lebih panjang, sehingga energy yang anda butuhkan lebih banyak. Ketika energy dalam tubuh anda sudah terkuras habis, maka rasa lelah dan lemas pasti tak akan terelakan.    

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Tiap harinya manusia membutuhkan setidaknya 2 liter per hari untuk menghidrasi tubuh. Kekurangan asupan air dalam tubuh juga akan membuat tubuh anda lemas, bahkan konsenterasi anda juga akan berkurang ketika menjalankan puasa seharian. Oleh sebab itu perhatikan baik-baik asupan cairan tubuh anda. Terlebih bila anda tinggal di tempat tropis dengan cuaca yang panas seperti saat ini, bila anda tidak pandai menyikapinya, maka tubuh anda akan mudah mengalami dehidrasi.   

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang

Puasa selama seharian pasti akan membuat tubuh anda menjadi letih, lesu, dan lemas. Permasalahan ketika berpuasa tersebut tentunya dialami oleh siapa saja yang menjalaninya. Lantas bagaimana untuk mengatasinya? Sebetulnya caranya sangat mudah. Ketika berbuka atau waktu sahur, konsumsilah bahan makanan yang mengandung gizi seimbang. Ketika asupan gizi dalam tubuh anda seimbang, maka kegiatan puasa anda seharian akan berjalan lebih mudah.

Istirahat yang cukup

Istirahat memang menjadi obat yang paling mujarap untuk mengatasi letih diwaktu puasa. Namun sebaiknya anda mengatur pola istirahat atau tidur anda di waktu puasa secara seimbang. Terlalu banyak tidur waktu puasa juga tidak baik, selain pahala yang anda dapatkan kurang maksimal, kebanyaan tidur juga akan membuat tubuh anda justru malah terasa sakit semua.

Jangan lupa olahraga

K

Via Webkesehatan.com

Meski berpuasa, bukan berarti bila anda tak diperbolehkan untuk berolahraga. Justru olahraga di tengah-tengah waktu puasa itu juga penting. Olahraga akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga ringan yang tak begitu menguras fisik atau tenaga seperti berenang, bersepeda, senam, dsb. Bila anda tak ada waktu untuk berolahraga di pagi atau sore hari, boleh saja anda menjalankan sholat sunah seperti terawih. Konon gerakan sholat terawih juga termasuk olahraga yang cukup membantu menyeimbangkan tubuh. 

Hindari makanan pemicu penyakit maag

H

Via Vebma.com

Buat anda yang suka dengan masakan pedas, sebaiknya waktu puasa anda menghindarinya dulu. Makanan pedas hanya akan memicu penyakit maag. Maag memang termasuk penyakit yang sering menyerang seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Ada beberapa jenis bahan makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit maag, salah satunya ialah makanan pedas, makanan/ minuman yang mengandung kafein, asam, dsb. 

Selama berpuasa, anda juga bisa mengkonsumsi supplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun sebelumnya pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi supplemen tertentu.

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :