×

Tutorial & Life Style

Tidur Sebentar Tapi Tetap Segar

Liani • 11 hari yang lalu

Tidur Sebentar Tapi Tetap Segar

Kamu pasti pernah menyadari bahwa 24 jam dalam sehari itu masih belum cukup buat melakukan pekerjaan dan istirahat. Sayangnya, kamu enggak akan bisa menambah waktu 1 detik saja dalam sehari supaya bisa tidur lebih lama. Short sleeper syndrome (SSS) adalah istilah yang merujuk pada pola tidur abnormal yang dialami oleh hanya sebagian orang. Individu dengan SSS tidak dengan sengaja membatasi waktu tidur, bukan juga tidur sebentar karena tak ada cukup waktu. Tubuh mereka merasa sudah cukup tidur hanya dengan 3-5 jam, bahkan pola tidur tersebut tetap konsisten saat akhir pekan dan hari libur. 

Namun, kamu bisa coba enam teknik tidur ini yang bisa membuat kamu merasa cukup tidur hanya dalam beberapa jam. Tapi, kalau kamu memang tertarik untuk mengubah pola tidurmu secara total, lebih baik tetap konsultasikan ke dokter dulu

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba Ladies.

  • Saat bangun, biasanya tubuh masih malas bangun dan ingin kembali tidur. Agar tubuh memberi sinyal semangat, segera nyalakan lampu kamar atau buka jendela. Sinar matahari yang masuk akan membuat otakmu mengirim sinyal agar kamu bangun dengan lebih semangat.
  • Kamu disarankan minum kopi untuk memberi energi ekstra. Jika tidak suka minum kopi, hanya mencium aromanya saja bisa membuat tubuh lebih fresh dan bersemangat.
  • Jangan lupa sarapan dengan menu karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi tanpa membuat kantuk.
  • Hindari jus buah dengan gula atau manis yang sangat terasa.
  • Saat mengantuk di kantor atau tempat kerja, ebih baik minum segelas air. Cara yang sangat mudah ini bisa membuatmu lebih fresh.
  • Kamu juga disarankan melakukan pemijatan pada telinga untuk memberi stimulasi energi ekstra.

Formulanya adalah 2,5 jam tidur pada malam hari dan 3 kali tidur siang pendek selama 20 menit pada siang harinya. Teknik ini dianggap cukup fleksibel dan mudah untuk diadaptasi.

Jika kamu belum siap bereksperimen dengan teknik-teknik tidur tersebut, tapi ingin bisa tidur cukup dan mudah bangun di pagi hari, cobalah pola aturan jam berikut ini. Praktikan dan latihlah tidur menurut pola aturan jam ini dan lihat seperti apa pengaruhnya pada kualitas tidurmu, ya.

 

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :