×

Viral Today

Timbulnya Angin Puyuh Di Sulbar

Liani • 7 hari yang lalu

Timbulnya Angin Puyuh Di Sulbar

Tornado Adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan culumonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar angina cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corongkondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 17 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300–480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Video pusaran angin di sebuah sungai viral di media sosial. Video yang disebut berasal dari Mamuju, Sulbar itu menggambarkan kepanikan warga yang lari dari angin puyuh puting beliung.
Video ini disebut diambil pada Kamis (8/11) kemarin. Namun dalam video itu, terlihat seorang ibu yang beteriak meminta beberapa warga untuk berlari. Hal ini dikarenakan di di tengah sungai terlihat pusaran air yang besar disebabkan oleh angin.

"Kenapa lari? Lari lari cepat," kata seorang ibu dalam video itu. Sementara seorang perempuan lainnya terdengar sedang mengucapkan kalimat-kalimat istighfar.Di video itu, terlihat wanita dan anak anak yang berlari mencari perlindungan. Wanita dan beberapa pria itu pun terlihat menggendong anak-anak mereka saat pusaran angin makin kencang dan hujan juga turun. 

Warga Mamuju, Asrul saat dimintai konfirmasi membenarkan bahwa cuaca di wilayahnya sangat buruk sejak Kamis kemarin.
"Kejadiannya kemarin. Memang kemarin cuaca jelek sekali," kata Asrul saat berbincang dengan detikcom, Jumat (9/11/2018). Dia mengatakan saat itu dirinya sedang berada di dalam ruangan di sebuah kantor pemerintahan. Dari dalam ruangan itu dia masih mendengar gemuruh kencangnya angin.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini soal potensi hujan lebat dan petir di wilayah Mamuju, Topoyo, dan Pasangkayu pada sore hingga dini hari nanti.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :