×

Healthy

Timbulnya Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Liani • 7 hari yang lalu

Timbulnya Ngantuk Saat Menyetir Mobil

Seberapa seringkah kamu naik mobil setiap harinya? Salah satu alat transportasi ini memang memberikan kenyamanan tersendiri jika dibandingkan dengan sepeda motor. Saking nyamannya, kamu mungkin sering merasa cepat ngantuk saat naik mobil. Banyak orang mengalami hal seperti ini setelah beberapa meter mobil berjalan. Kenapa ya hal ini kok bisa terjadi? Jika kita cermati, saat melakukan perjalanan cukup jauh dengan naik bus atau berada di mobil pribadi kita cenderung lebih mudah merasa mengantuk. Karena alasan inilah ada orang yang bisa langsung dengan cepat tertidur saat melakukan perjalanan meskipun saat malam sebelumnya sudah tidur dalam waktu yang cukup.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa fenomena yang akan membuat kita merasa mengantuk saat berada di dalam kendaraan seperti bus atau mobil disebut sebagai highway hypnosis. Fenomena ini terjadi karena apa yang kita lihat dari jendela mobil cenderung monoton atau itu-itu saja. Hal ini sangatlah berbeda dengan yang  kita alami jika mengendarai sepeda motor dimana kita bisa melihat pemandangan yang lebih luas dan bisa merasakan angin atau hal-hal lainnya yang membuat kita merasa lebih segar.

Tapi efek getaran fisik yang kita rasakan saat bepergian di dalam kendaraan belum dipahami dengan cukup baik, menurut profesor Stephen Robinson.

"Studi kami menunjukkan getaran yang stabil pada frekuensi rendah - jenis yang kami alami ketika mengendarai mobil dan truk - secara progresif menginduksi kantuk bahkan di antara orang-orang yang cukup istirahat dan sehat," kata Robinson yang berasal dari departemen psikologi di RMIT University, Australia.

"Ketika Anda lelah, tidak perlu banyak untuk mulai mengantuk dan kami telah menemukan bahwa getaran lembut yang dibuat oleh kursi mobil saat Anda mengemudi dapat meninabobokan otak dan tubuh Anda," lanjut Robinson.Teori yang berbeda juga datang dari Colin Lecher dari Popular Science. Colin menganggap fenomena ini disebabkan adanya kebisingan yang suaranya konstan. Dalam kata lain. saat kamu dalam mobil, suara teriak atau bunyi klakson terdengar lebih rendah. Itulah mengapa suara-suara dari luar terdengar konstan. Fenomena ini dikenal dengan 'white noise'. Dengan kondisi seperti itu, maka kamu gampang ngantuk karena suara-suara yang lebih tenang. 

Sebisa mungkin jika ingin menyetir jaga stamina kamu dengan tidur dan jangan terlalu banyak makan karbohidrat ya, 



 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :