×

Fashion

Tips Menyamarkan Tinggi Badan Lewat Busana

Admin • 2 bulan yang lalu

Tak sedikit orang yang merasa tidak puas dengan tinggi badannya. Ini tidak hanya bagi orang-orang yang merasa terlalu pendek, orang-orang yang memiliki tinggi badan jauh di atas rata-rata pun terkadang dilanda rasa tidak percaya diri. Jika kamu merasakan tinggi badanmu terlalu pendek atau terlalu jangkung, tips berbusana ini bisa membantumu menyamarkannya:

Tips berbusana agar tampak lebih tinggi

Ketika ukuran tubuh kita terlalu pendek dan ingin memberi kesan lebih tinggi, usahakan membuat mata orang lain melihat tubuhmu dari bawah ke atas (secara vertikal). Cobalah minimalisasi distraksi antara kepala hingga ujung kaki, misalnya dengan saku celah alih-alih dengan detail tambalan atau sayap untuk memberikan kesan jarak yang lebih jauh antara kepala dan ujung kaki.

1. Pas

Jangan mengenakan pakaian yang terlalu besar. Pastikan lengan pakaianmu juga tidak longgar sehingga memberikan jarak antara perut dan lengan. Cara berpakaian ini akan memberikan kesan tubuh yang lebih panjang

Jarak antara garis pinggang dan bagian bawah celana (dari selangkangan hingga kaki) jangan sampai mendekati area selangkangan karena kakimu akan tampak pendek. Jika mau mengenakan jaket, jangan memilih jaket yang terlalu panjang sehingga menutupi kaki. Memilih jaket yang lebih pendek akan menampilkan kakimu lebih banyak. Celana yang pas badan akan tampak lebih baik dan tidak membuatmu seperti "tenggelam" dalam busana.

2. Monokrom

Cobalah pakaian kasual dengan warna gelap, terutama abu-abu. Hindari motif atau logo besar untuk menjaga penampilan tetap minimalis.

3. Garis vertikal

Pakaian dengan garis-garis vertikal sudah lama menjadi trik untuk membuat tubuh tampak lebih tinggi. Alasan baik lainnya adalah garis vertikal akan mengarahkan mata secara otomatis melihat ke atas dan bawah. Pilihlah ukuran garis yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar agar tidak membuatmu seperti barcode berjalan. Selain itu, berhati-hatilah jika ingin mengenakan pakaian dengan motif yang terlalu ramai sehingga merusak garis vertikal tersebut.

4. Proporsi

Karena memiliki tubuh pendek, pakaian yang dikenakan tentu juga memiliki ukuran kecil. Perhatikan detail-detail bagian atas busana, seperti kelepak, dasi atau kerah yang membuat mata mengarah ke bagian atas tubuhmu. Detail terlalu besar, misalnya dasi kebesaran, hanya akan membuat kepalamu tampak kecil. Jika mengenakan pakaian panjang seperti jas, hindari terlalu banyak bagian ujung lengan keluar dari balik jas.

5. Pastikan mata melihat ke atas

Beri aksesori menarik pada bagian tengah tubuhmu hingga ke atas, seperti topi, saku pada baju, kacamata, pin, dan lainnya. Ini untuk menghindari mata orang lain melihat ke bagian kakimu yang pendek. Warna monokrom gelap untuk bagian kaki juga akan memberi kesan kaki yang lebih panjang.

6. Jangan gunakan ikat pinggang

Ikat pinggang akan "membagi" tubuhmu menjadi setengah. Lebih baik, lakukan trik menggunakan pakaian, seperti menggunakan celana lebih tinggi dari pinggang dan tidak di panggul. Ini akan memberi kesan kaki yang lebih panjang. Jika tanpa ikat pinggang membuatmu terganggu, cobalah gunakan adjuster untuk mengamankan bagian pinggang celana tanpa mengganggu garis vertikal yang ingin kamu bangun.

7. Panjang celana

Hindari celana yang terlalu panjang sehingga bagian bawahnya menutupi sepatumu. Atur panjang celana agar proporsional dan menunjukkan sepatumu lebih banyak. Buatlah agar celanamu bergantung lurus dan sempit. Lipatan di ujung celana masih menjadi perdebatan. Dalam teorinya, mereka merusak garis vertikal busana, namun bisa membuat celana menggantung lebih baik dan menyamarkan figur pendekmu. Jadi, sesuaikanlah dengan tampilanmu.

Tips berbusana agar tampak lebih pendek

Terlalu tinggi juga tidak menyenangkan. Kamu yang mengalaminya mungkin ingin memiliki tinggi badan yang lebih pendek sehingga tampak proporsional. Tips kali ini cenderung lebih simpel, sebab kamu hanya butuh melakukan hal sebaliknya. Misalnya, jika orang pendek dianjurkan menggunakan pakaian yang memberi kesan garis vertikal, orang-orang tinggi harus membuat mata melihat tubuh mereka secara horizontal.

1. Garis horizontal

Lakukan hal sebaliknya, artinya sama dengan mengandalkan sayap atau kantong besar pada baju, kantong yang menonjol ke luar, lipatan celana ke luar, denim robek-robek. Detail-detail ini akan membuatmu terkesan lebih dekat dengan bumi. Semakin cermat kamu mengisi bagian antara kepala dan ujung kaki, akan lebih baik.

2. Warna kontras

Jika mereka yang bertubuh pendek disarankan menggunakan warna monokrom dan sama untuk atasan dan bawahan, orang-orang tinggi yang ingin terlihat lebih pendek justru disarankan menggunakan warna berbeda untuk atasan dan bawahan serta berwarna kontras. Kamu bisa memakai warna gelap pada bagian pinggang ke atas untuk membuat tubuhmu tampak seimbang. Dan, ingatlah untuk memakai ikat pinggang.

3. Proporsi

Kebalikan dari mereka yang bertubuh pendek, kamu justu disarankan mengenakan aksesori berukuran besar. Untuk membuat tinggi badanmu tampak seimbang, gunakan pula dasi berukuran besar, kerah lebar dan lapel yang lebih besar. Jika ingin membawa tas, tote bag berukuran besar akan tampak terlihat lebih baik ketimbang ransel kecil.

4. Motif

Memilih garis vertikal memang agak menantang. Kamu bisa bermain motif, seperti memilih motif Breton stripe atau Prince of Wales check untuk membuatmu tampak sedikit lebih berisi. Jadi, pilihlah motif yang cenderung besar-besar. Motif seperti kotak-kotak kecil, garis sempit, garis-garis tipis justru akan membuat orang fokus pada figur panjangmu. (Sumber: Kompas Lifestye)

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :