×

Tutorial & Life Style

Warna Kulit Tidak Merata, No Problem!

Liani • 7 hari yang lalu

Warna Kulit Tidak Merata, No Problem!

Paparan sinar matahari terkadang berhasil membuat kulit kita menggelap. Memang tidak ada salahnya dengan kulit gelap, malah terlihat lebih eksotis. Masalahnya terkadang sinar matahari tidak hanya berhasil menjadikan kulit lebih gelap, tapi juga membuat kulit belang dan warnanya tidak lagi rata! Kalau sudah seperti ini, pastinya kamu akan merasa tidak percaya diri. Apalagi jika persoalan kulit tidak rata ini ada dibagian tubuh yang terlihat misalnya seperti wajah dengan leher atau  wajah dengan tangah.

Dan kerap kali membuat rasa percaya diri menurun. Hal ini biasanya muncul pada bagian kulit tertentu seperti wajah, leher, lengan bahkan kaki. Warna kulit tidak merata disebabkan oleh faktor umum, salah satunya yaitu polusi, paparan sinar UV dan stress.

Via Rafaclinic.com

Selain itu ada beberapa penyebab warna kulit tidak merata lainnya. Penyebab paling umum yaitu:

Masalah hormonal: Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan munculnya bintik hitam di wajah, terutama karena produksi sebum berlebih di beberapa bagian wajah.

Jerawat: Kebiasaan memencet jerawat kerap kali dilakukan oleh banyak orang. Hal inilah yang menyebabkan bekas jerawat muncul. Bekas jerawat dapat berupa jaringan parut atau hanya bintik hitam dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkannya.

Hiperpigmentasi: Hiperpigmentasi mungkin terjadi karena ketidakseimbangan hormon atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Hiperpigmentasi pada kulit dapat berupa bintik hitam, dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan hiperpigmentasi semakin gelap dan bersifat permanen.

Berikut merupakan solusi alami untuk mengatasinya:

Via Kawaiibeautyjapan.com

Gunakan Scrub Secara Rutin
Menumpuknya sel kulit mati di kulit juga bisa menjadi salah satu penyebab warna kulit menjadi tidak rata. Maka dari itu, rajin menggunakan scrub juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah. Dengan bantuan scrub yang akan mengangkat sel kulit mati, wajahmu juga akan terlihat lebih cerah. 

Masker Alami
Nah, ini dia cara memutihkan wajah yang praktis dan ekonomis. Kamu bisa memanfaatkan berbagai masker alami untuk mencerahkan wajah. Gunakan masker tersebut di malam hari sebelum tidur agar lebih efektif. Masker alami juga aman lho untuk digunakan setiap hari. Masker alami yang bisa kamu buat untuk mencerahkan wajah antara lain adalah masker lidah buaya, minyak zaitun, campuran lemon dan madu, dan juga masker campuran yogurt dan susu.

 

Rutin konsumsi bahan berikut:

Via Terapikesehatan.com

Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan yang sangat baik untuk meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak cerah. Yoghurt memiliki sifat exfoliatingdan bleaching yang tidak hanya mengatasi pigmentasi kulit juga membantu menyamarkan bintik hitam dan bekas luka.

Caranya: Campurkan 1 sendok makan yoghurt organik, plain dan tidak berwarna dengan  1 sendok makan air. Oleskan campuran ini pada seluruh permukaan wajah dan leher, biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lemon

Lemon dikenal karena sifat bleaching yang sangat baik, sehingga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit dengan menyamarkan bintik hitam dan bekas luka.

Caranya: Campur jus lemon dengan madu. Terapkan campuran tersebut pada wajah setidaknya 3x seminggu. Kamu pun dapat menggunakannya sebagai toner, dengan mencampurkan jus lemon dan air, lalu masukan dalam botol semprot. Terapkan setiap pagi dan malam untuk hasil yang maksimal.

Susu

Susu dikenal memiliki sifat mencerahkan dan melembutkan kulit. Untuk mengurangi pigmentasi dan bintik hitam, kamu perlu menggunakan susu segar yang belum diproses.

Caranya: Celupkan bola kapas ke dalam susu dan terapkan pada wajah setiap malam sebelum tidur. Biarkan susu beberapa waktu lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan ini setiap malam selama sebulan untuk kulit lembut, lentur dan terbebas dari pigmentasi kulit.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki enzim untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terasa lembut dan bersih.

Caranya: Campur madu, air jeruk nipis, susu bubuk dan almond yang telah direndam hingga merata. Terapkan sebagai scrub/ masker untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembut.

 

 

 

Tulis Komentar
Logo-DH

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :