×

Traveling

Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Liburan

Rany Martha • 3 bulan yang lalu

Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Liburan

Akhir-akhir ini, kita diuntungkan dengan hari libur nasional yang kebetulan jatuh pada hari Senin atau Jumat. Pastinya, kita sangat menikmati liburan panjang akhir pekan sepuasnya. Tak jarang, kita pun mengambil cuti untuk menambah durasi hari libur kita. Tidak ada yang salah dengan berlibur, apalagi jika tujuannya adalah memberi waktu kepada keluarga

Nah, memanfaatkan liburan dengan bijak bukan berarti hanya memberikan liburan mengesankan kepada mereka yang tersayang. Namun, menjaga kesehatan sangatlah penting. Sejak awal tahun 2018, cuaca tak menentu merupakan tantangan bagi siapa saja, terutama mereka yang sedang berada jauh dari rumah. Memasuki bulan April, musim kemarau pun sudah tampak di depan mata. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada mereka yang berencana untuk berpetualang ke tempat-tempat yang memiliki iklim terlalu panas atau dingin. Jangan sampai anggota keluarga kita justu jatuh sakit setelah bersenang-senang.

Yuk, simak tips mudah untuk jaga kesehatan bagi kita dan keluarga.

 g

Via Tipssehatdancantik.com

 

Pertama, pastikan tubuh kita tak kekurangan cairan. Kesannya sepele dan klise. Banyak orang beranggapan bahwa minum apa saja di saat hawa sedang panas sah-sah saja. Umumnya, kita memilih es teh atau minuman ringan dingin untuk memuaskan dahaga kita. Godaan untuk mendinginkan tenggorokan memang besar, kendati kita harus sangatlah bijaksana untuk menghindari minuman yang terlalu dingin di bawah terik matahari. Es teh atau minuman ringan dingin bakal membuat kita sering buang air kecil sehingga dehidrasi akan semakin parah. Air mineral cukup membuat kita bebas dehidrasi. Minum air dalam jumlah banyak dapat tetap dilakukan saat Anda dan keluarga sudah sampai di rumah, atau hotel saat malam hari. Meskipun temperatur tidak lagi membuat kita kepanasan, namun tubuh masih perlu asupan cairan demi menjaga suhu tubuh tetap normal.

m

Via Modernaatl.xyz.com

 

Kedua, kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Jika Anda mengenakan hijab saat rekreasi, pastikan bahan hijab serta busana Anda tidak terbuat dari bahan rayon yang tidak dapat menyerap keringat. Anda tidak hanya akan merasa tidak nyaman, tetapi juga memproduksi keringat secara berlebihan yang dapat menimbulkan bau badan.

f

Via Maslatiptravel.com

 

Ketiga, pilih waktu tepat saat mengunjungi tempat wisata. Ingin ke pantai? Pagi atau sore hari adalah saat yang paling tepat, dimana Anda dan keluarga akan terhindar dari matahari yang bersinar sangat terik dan merusak kulit, terutama setelah jam 12 siang. Saat harus mengarungi tantangan alam seperti mendaki gunung atau arung jeram, pastikan Anda memperlengkapi diri dengan sarana yang memadai untuk menjaga Anda dan keluarga dari serangan hawa dingin di malam hari serta gigitan serangga.

Keempat, perhatikan asupan makanan saat berlibur. Memang selalu ada keinginan untuk menjajal ragam kuliner, terutama saat Anda dan keluarga pergi ke luar kota atau pulau. Namun, bukan berarti asupan gizi dapat diabaikan dengan alasan bahwa menikmati makanan enak cuma bisa dilakukan saat liburan. Mempertahankan pola makan sehat tetap perlu dijaga, terutama buah dan sayur. Meski terkesan mudah dilakukan, namun sering diabaikan. Bicara soal makanan, Anda dan keluarga juga perlu hati-hati dengan makanan yang disajikan di berbagai restoran, terutama saat Anda dan keluarga berlibur di luar pulau. Pastikan mereka menyajikan makanan halal.

Maksimalkan kenyamanan kamar hotel untuk beristirahat dengan nyaman demi menjaga stamina. Jangan terlalu banyak begadang dengan alasan memanfaatkan waktu bersama keluarga. Saat ini, daya imun manusia semakin menurun, seiring dengan meningkatnya kemudahan untuk membeli dan mengolah makanan cepat saji, serta cuaca yang tak menentu. Kecerobohan dalam menjaga kesehatan dapat merusak liburan Anda dan keluarga.

 

 

 

Tulis Komentar

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :