×

Traveling

Wisata ke Pulau Terindah di Dunia di Sumba NTT

Liani • 9 bulan yang lalu

Wisata ke Pulau Terindah di Dunia di Sumba NTT

Pulau Sumba adalah sebuah pulau  di Provinsi  Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut,  Flores di Timur Laut, Timor di Timur di Timor Leste dan Australia di selatan dan tenggara. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebelum dikunjungi bangsa Eropa pada 1522, Sumba tidak pernah dikuasai oleh bangsa manapun. sejak 1866, pulau ini dikuasai oleh Hindia Belanda dan selanjutnya menjadi bagian dari Indonesia.

Nusa Tenggara Timur kini mulai memperlihatkan keindahannya kepada dunia setelah Pulau Komodo dikomersialkan dalam ajang Seven Wonders dunia. Namun, dari seluruh gugusan kepulauan NTT, tak semua pulau terekspos dengan baik. Masih banyak surga tersembunyi NTT yang masih belum banyak wisatawan yang tahu, contohnya pulau Sumba. Dan baru-baru ini Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai “Pulau Terindah di Dunia” menurut versi majalah Focus-Jerman.

 

Desa Adat Rende, Kebudayaan Masyarakat Sumba

x

Via Jelajahindoensia.com

Kampung Rende merupakan kampung asal para bangsawan Sumba. Kampung ini menjadi saksi berbagai peristiwa sejarah dari masa lalu. Sumba terkenal akan kampung-kampungnya yang sudah berusia ratusan tahun? Satu diantaranya, Kampung Adat Praiyawang Rende. Di kampung ini terdapat peti mati berisi mayat dari Bangsawan Sumba sehingga tempat ini dijadikan wisata bagi turis yang datang.

 

Bukit Persaudaraan

a

Via Tribunnews.com

Sumba Timur memang memiliki sejumlah objek wisata yang sangat berpotensial. Mulai dari Pantai Walakiri yang artistik, Bukit Wairinding yang eksotik hingga Bukit Persaudaraan Mau Hau yang terbilang cukup unik dari segi nama dan pemandangannya. Dengan lokasi yang cukup dekat dengan pusat Kota. Sesampainya di spot utama Bukit Persaudaraan Mau Hau, pengunjung akan disajikan bentangan panorama perbukitan dan persawahan penduduk yang menghampar luas indah. Dari puncak bukit, pengunjung juga dapat melihat panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru dilihat dari ketinggian. Hamparan padang rumput hijau dan asri yang mewarnai kondisi alam Sumba Timur menandakan wilayah ini sebagai daerah peternakan yang potensial. Belasan hingga puluhan ekor Sapi Ongole, kerbau, kambing, ataupun Kuda Sandel merupakan investasi ekonomi dan budaya warga Sumba. Tak ada fasilitas penunjang apapun di sekitar bukit ini, maka dari itu pengunjung sebaiknya membawa bekal minuman dan makanan ringan untuk disantap sambil menikmati lanskap indah dan semilir angin dari atas bukit. Keindahan matahari terbenam juga sangat pas untuk dinikmati dari atas bukit ini.

 

Pantai Nihiwatu

0

Via Vietravel.com

Pulau Nihiwatu berada di wilayah Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menjadi salah satu tujuan para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut, Mereka menjulukinya dengan God’s Left. Maka tidak heran jika pelancong yang datang banyak berasal dari luar negeri. Sayangnya, untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak Nihiwatu tidak sembarang orang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang menjadi pantai privat bagi kalangan tertentu. Kedengarannya memang sedikit aneh, tapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu. Pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km ini merupakan satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia. Pantai Nihiwatu dikelola oleh sebuah resort internasional bernama Resort Nihiwatu. Tidak semua orang dapat bebas memasuki lokasi pantai ini, karena penjagaan yang ketat. Hanya tamu Resort Nihiwatu saja yang diperbolehkan. Jika ingin menikmati keindahan Pantai Nihiwatu, tentunya harus memesan kamar untuk menginap di Resort Nihiwatu terlebih dahulu.

 

Danau Wekuri

Danau ini tak terlalu luas, kira-kira hampir seluas lapangan sepakbola. Airnya sangat bening, sehingga dasar danau tampak dari permukaan, pasir di dasar danau berwarna putih seperti pasir di pantai. Hal ini dikarenakan letak danau wekuri di dekat laut, hanya terpisah oleh tebing-tebing batu karang. Airnya pun asin, karena air laut masuk melalui celah-celah tebing lalu tertampung oleh cekungan yang dipagari oleh batu-batu.
Air laut masuk melalui celah tebing yang menjadi pemisah dan bercampur dengan air tawar dari mata air. Jadi jangan heran jika anda merasakan suhu berbeda saat menceburkan diri. Kombinasi air hangat dan dingin akan terasa di beberapa area danau.

5

Via Harapanwisataku.com

Danau ini tak terlalu luas, kira-kira hampir seluas lapangan sepakbola. Airnya sangat bening, sehingga dasar danau tampak dari permukaan, pasir di dasar danau berwarna putih seperti pasir di pantai. Hal ini dikarenakan letak Danau Waekuri berada di dekat laut, hanya terpisah oleh tebing-tebing batu karang. Airnya pun asin, karena air laut masuk melalui celah-celah tebing lalu tertampung oleh cekungan yang dipagari oleh batu-batu.
Air laut masuk melalui celah tebing yang menjadi pemisah dan bercampur dengan air tawar dari mata air. Jadi jangan heran jika anda merasakan suhu berbeda saat menceburkan diri. Kombinasi air hangat dan dingin akan terasa di beberapa area danau. Danau Weekuri ini menjadi primadona wisata di Sumba Barat Daya karena jarang sekali berjumpa dengan danau air asin dan suasana alam yang sangat indah mengelilingi danau ini. Danau ini pun juga tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang. Suasananya masih sangat tenang dan asri. Masih jauh dari kata ramai. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan Anda.

primadona wisata di Sumba Barat Daya karena jarang sekali berjumpa dengan danau air asin dan suasana alam yang sangat indah mengelilingi danau ini. Danau ini pun juga tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang. Suasananya masih sangat tenang dan asri. Masih jauh dari kata ramai. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan Anda.

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :