×

Traveling

Wisata Religi Terbaik Umat Muslim di Dunia

Liani • 9 bulan yang lalu

Wisata Religi Terbaik Umat Muslim di Dunia

Beberapa kota di dunia dianggap suci oleh berbagai agama karena sejarah dan keberadaannya. Misalnya umat islam memiliki kota suci di Makkah yang setiap tahunnya menjalani Ibadah Haji dan Umroh. Namun kini di dunia telah membuka wisata dan menjadikan wisata keagamaan sebagai wisata religi. Salah satunya di Indonesia yang menjadikan beberapa masjid wisata religi internasional seperti Masjid Istiqlal, Masjid Quba Emas di Depok dsb untuk didatangi beragam wisatawan lokal dan internasional. Banyak sekali manfaat dibukanya wisata religi ini, Berikut wisata lain yang dapat kamu datangi saat berada disana:

 

Maroko

maroko

Via Enjoywisata.com

Di Maroko, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Antara lain Jalan Soekarno, bagi warga Indonesia yang sedang berkunjung ke Maroko, tentu tak ingin melewatkan tempat ini. Rue Soekarno atau Zankat Soekarno ini terletak tepat di Bank Al-Maghreb, dinamakan sesuai nama presiden pertama Indonesia karena Kerajaan Maroko sangat berutang budi kepada Soekarno dan bangsa Indonesia untuk keluar dari penjajahan tahun 1945 berikut Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi Corniche Rabat, Bab Chellah, Hassan Tower, Kasbah des Oudayas, Meknes kota seratus Minaret, Fes si kota pasar labirin dan Marrakech si kota tua nan elok.

 

Tunisia

tunisia

Via Carditahu.com

Pariwisata di Tunisia kini sedang berkembang kembali setalah mengalami krisis social tahun 2010. Sebut saja Masjid Agung di Kairouan yang juga masjid tertua di Afrika. Masjid yang brenama Sidi Uqba ini dibangun pada abad ke tujuh saat agama Islam disebarkan di Afrika dan Eropa. Bahkan di Kairouan merupakan ibukota dengan negara Islam pada masa lalu. Wisatawan Indonesia memang masih belum banyak yang mengunjungi Tunisisa, namun menurut Sihem El Hamdi dari Kementrian Luar Negri Tunisia mengatakan bahwa tahun 2013 sudah ada sekitar 30 warga negara Indonesia yang berwisata ke sana.

 

Yordania

yordania

Via Tempatwisataunik.com

Di Yordania, kehidupan beragamanya sangat terasa. Mayoritas penduduk penganut agama Islam Sunni dimana sebagian besar kaum wanitanya mengenakan busana gamis, khas Timur Tengah. Ibu kotanya Amman, merupakan kota yang cantik dan sangat aman. Angka kejahatan di negeri yang dipimpin oleh Raja Abdullah II ini pun sangat rendah, begitu pula tingkat kejahatan di jalanan. Kendaraan roda empat mendominasi jalan, sedangkan roda dua hanya digunakan untuk petugas pos dan polisi. Hampir tak ada pencurian kendaraan atau tindak kriminal seperti perampokan dan perkosaan di sini.

 

Uni Emirate Arab

uni emirates

Via Republika.co.id

Memiliki dua ikon negara, yakni  Abu Dhabi dan Dubai. Keunggulan wisatanya lebih unggul dan didominasi oleh Dubai. Selain memiliki taman terbesar didunia dan wisata yang luar biasa, Dubai juga mengandalkan perdagangan jasa dan investasi untuk pertumbuhan ekonominya, berbeda dengan Abu Dhabi yang mengandalkan perdagangan minyak. Dubai menyediakan fasilitas apa saja yang diperlukan untuk dunia pariwisata dan investor asing.

 

 Turki

turki

Via Enjoywisata.com

Salah satu destinasi wisata terfavorit lainnya adalah Turki. Pantas saja, karena Turki memiliki berbagai objek wisata yang unik dan indah. Di Turki anda bisa menemukan Blue Mosque, sebuah masjid yang memiliki 6 menara indah yang dikelilingi oleh keramik berwarna biru sebagai interiornya dan didukung oleh arsitektur yang akan membuat anda takjub saat berada di dalamnya. Hirepolis, sisa peninggalan bersejarah dari kota Yunani kuno. Goreme, museum alam terbuka yang sangat menakjubkan dimana anda dapat melihat banyak gua dan gereja yang dibuat oleh para ortodoks zaman dulu. Serta tidak ketinggalan Hagia Sophia, sebuah situs dimana merupakan simbol perdamaian antara umat muslim dan nasrani.

 

Arab Saudi

arab

Via Loop.co.id

Berkunjung ke Arab untuk berwisata maupun pergi haji atau umrah pasti merupakan impian semua muslim. Karena di sini, selain bisa beribadah haji dan umrah, terdapat juga banyak situs-situs sejarah muslim yang kuat. Jadi selain bisa ibadah, juga bisa meperdalam wawasan sejarah islam. Destinasi wisata yang paling populer di Arab Saudi antara lain Masjid Nabawi, yang merupakan masjid tersuci ke dua di dunia yang dibangun oleh baginda Nabi sendiri. Al-Ula, sebuah situs kuno yang dulunya merupakan pusat perdagangan. Dumat Al-Jundal, sebuah kota misterius yang berarti Duma Batu. Jabal al-Lawz, salah satu tempat wisata di Saudi yang terkenal dengan flora dan fauna yang unik. Selain itu masih ada juga tempat wisata populer lainnya di Arab Saudi antara lain, Jamarat Bridge, Janat Al-Baqi, Masjid Jawatha, Masjid Al-Qiblatain, Madain Saleh, Gunung Uhud, Masjid Quba’ dan lain sebagainya.

 

Indonesia

Ind

Via MySaring.co

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia sekaligus pemilik masjid terbesar se-Asia Tenggara (Masjid Istiqlal), Indonesia sudah sepantasnya menjadi salah satu destinasi wisata terbaik muslim. 9 wilayah tujuan syariah di Indonesia yaitu Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar dan Lombok. Kesembilan tujuan wisata syariah tersebut ditentukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, budaya masyarakatnya, produk wisata daerah serta akomodasi wisatanya yang dianggap siap karena menyediakan bayak tempat makanan halal, tempat peribadatan yang mudah dijangkau serta akomodasi yang terjamin aman bagi wisatawan muslim. Mengejutkan! Negara kita, Indonesia mampu mengungguli Arab Saudi dalam daftar ini. Pariwisata memang menjadi indicator keberhasilan negara melakukan hubungan internasional. Di samping itu, pariwisata dan perdagangan memiliki ikatan yang erat karena merupakan komoditas non barang yang bisa ditawarkan suatu negara terhadap negara lain. Dan kini, pariwisata untuk turis muslim melakukan ‘liburan halal’ sudah mulai berkembang dimana beberapa negara seperti Jepang yang notabene nya merupakan negara non-muslim pun sudah mulai memperhatikan keberadaan muslim. Hal ini terbukti dengan masuknya Jepang ke dalam urutan ke 40 sebagai negara paling ramah dan memperhatikan turis muslim.

 

Singapura

sg

Via Travel.Kompas.com

Singapura, negara tetangga Indonesia yang juga penyandang salah satu negara yang masuk dalam lokasi “liburan halal” paling ramah bagi muslim. Hal ini sekaligus menjadikan Singapura sebagai satu-satunya negara non-muslim yang berhasil masuk ke deretan 10 besar. Singapura memang memperhatikan tentang kebersihan dan ketertiban yang membuat turis muslim nyaman saat melancong ke sana. Apalagi, banyak restoran-restoran halal yang mudah ditemukan. Meskipun negara non-muslim, para turis muslim tak perlu khawatir untuk menemukan restoran halal di Singapura.

 

Malaysia

malay

Via Merdeka.com

Pusat pariwisata islam nomer satu adalah Malaysia. Dimana di “Islamic Tourism Centre” telah mendidik industri wisata tentang cara memenuhi kebutuhan turis muslim. Bahkan di sana terdapat hotel yang membedakan waktu pemakaian pusat kebugaran dan kolam renang tamu hotel pria dan perempuan. Makanan dan masjid di negara serumpun Indonesia ini juga tak sulit untuk ditemui. Pantas saja, Malaysia menempati posisi wahid sebagai Destinasi Wisata Terbaik Muslim.

 

 

Qatar

qatar

Via Hello-pet.com

Untuk tujuan wisata, perlu ada sponsor atau tuan rumah yang mengundang kita ke Qatar sebagai syarat masuk ke negara tersebut. Qatar merupakan negara mayoritas muslim yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resminya. Di sini, anda bisa berbelanja, wisata budaya dan olahraga. Keindahan bagunannya tak perlu diragukan lagi mengingat Qatar adalah negara terkaya ini memiliki The Museum of Islamic Art dilengkapi dengan keindahan arsitektur bangunan dan fasilitas beragam di dalamnya.

 

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :