×

Kesehatan

Yuk, Tetap Ceria dan Anti Malas saat Menstruasi

ssyyuli1 • 12 hari yang lalu

Yuk, Tetap Ceria dan Anti Malas saat Menstruasi 

Siapa bilang jadi cewek itu enak? Padahal sebenarnya jadi cewek itu banyak sakitnya. Iya, banyak sakitnya, pakai high heels, cantik tapi sakit, rambut disanggul, cantik tapi juga sakit. Apa lagi melahirkan, (katanya) sakit banget.

Tapi ada lagi rasa sakit yang tidak bisa dihindari dan selalu datang setiap bulan yaitu nyeri haid atau istilah kerennya dismiorhea. Jujur saja semua cewek pasti tahu rasanya enggak bisa duduk apalagi berjalan saat lagi menstruasi dan hanya guling-guling saja dikasur karena kram perut atau PMS. Tapi meskipun tiba-tiba harus jadi drama, sebenarnya ada beberapa hal lho yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari ‘siksaan’ nyeri datang bulan.

Minum banyak air putih dan hindari kafein dan soda

n

Via Beautynesia.com

Makanan dan minum yang kamu konsumsi selama sebelum dan saat sedang mensturasi ternyata menyumbang peranan penting terhadap ‘level’ rasa sakit saat PMS. Makanan atau minuman yang mengandung kafein dan soda seperti teh, kopi, dan soft drink harus kamu hindari karena membuat tubuh lemas dan perut semakin nyeri. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi karena dehidrasi menjadi pemicu utama rasa sakit saat menstruasi.

Kembalikan nafsu makan dengan pisang atau coklat

t

Via Teambeyondsport.com

Kalau kamu tipe cewek yang hilang nafsu makan saat menstruasi, kamu bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi pisang. Membiarkan tubuh dalam keadaan lapar selama menstruasi malah berpotensi memperparah nyeri haid. Kandungan potassium dalam pisang akan memperbaiki mood kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi coklat dengan jenis dark chocolate. Kandungan kakao pada dark chocolate yang tinggi bermanfaat untuk mendongkrak serotonin dan endorfin sehingga mood menjadi lebih baik dan kamu lebih bahagia.

Mandi air hangat

f

Via Merdeka.com

Meskipun tidak sedang haid, kita semua tahu kalau mandi air hangat bisa membuat tubuh rileks dan tenang. Selain itu, air hangat bermanfaat memperlancar peredaran darah sehingga rasa pegal dan sakit bisa sedikit hilang. Cobalah untuk mandi air hangat dengan sabun beraroma favorit kamu dan jangan sungkan untuk nyanyi-nyanyi. Setelah mandi, dijamin mood kamu bakalan meningkat lagi.

Ayo bergerak

n

Via Beautynesia.com

Saat menstruasi memang tubuh terasa kram dan pegal. Oleh karena itu tidak jarang cewek yang malas bergerak saat menstruasi. Tapi berdiam diri ternyata malah membuat rasa sakit dan nyeri saat PMS semakin menjadi-jadi. Mulai sekarang kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan, yoga, atau jogging saat sedang menstruasi. Olahraga mempunyai manfaat yang banyak bagi kamu yang sedang karena memicu produksi hormon bahagia atau hormon endorfin. Selain itu, dengan olahraga dan bergerak aktif kamu bisa melupakan rasa sakit PMS.

Cukup istirahat dan tidur

h

Via Vemale.com

Ada beberapa orang yang terbiasa meminum obat saat merasakan nyeri menstruasi. Memang untuk beberapa keadaan meminum obat bisa menghilangkan rasa nyeri PMS. Namun, kalau kamu tidak ingin minum obat, kamu bisa meredakan sakit PMS dengan istirahat dan tidur yang cukup. Kamu bisa mencoba tidur dengan posisi telentang, kemudian letakkan plastic yang sudah diisi dengan air hangat diatas perut. Posisikan bagian kaki lebih tinggi dari posisi bahu agar tubuh mendapat pasokan oksigen yang cukup. Setelah itu, kamu bisa memutar musik kesukaan kamu dan lupakan sejenak deadline atau tugas yang menumpuk. Atur nafas perlahan-lahan hingga kamu perlahan-lahan tertidur.

 

Tulis Komentar
Logo-DH

Login

Register

Login via : Atau melalui Email :
Registrasi via : Atau melalui Email :